Friday, September 6, 2019

KELEBIHAN BULAN MUHARAM
*AMALAN AKHIR BULAN DZULHIJJAH DAN AWAL BULAN MUHARRAM*

*Akhir bulan Dzulhijjah bertepatan Sabtu ini, 31 Agustus 2019*

Bulan Muharram adalah bulan yang agung, dan keutamaannya sangat banyak. muharram juga bulan yang paling utama untuk berpuasa setelah Ramadhan, kemudian Rajab, Dzulhijjah, Dzulqa'dah dan Sya'ban.

( Amalan Akhir Bulan Dzulhijjah )

▪Berpuasa hari terakhir bulan Dzulhijjah

▪Membaca do'a akhir tahun sebanyak 3x

*DO'A AKHIR TAHUN HIJRIYAH*

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلىَّ اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم
اَللهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِي هذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْءَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْئَلُكَ اَللَّهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَتَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .

#Kaifiyah :
*Do’a akhir tahun Hijriah ini hendaknya dibaca tiga kali pada akhir waktu ashar tanggal 29 atau 30 bulan Dzulhijjah.
Fadhilahnya adalah, barang siapa membaca do’a ini dalam waktu tersebut maka syaitan berkata: “Kesusahanlah bagiku, dan sia-sialah pekerjaanku menggoda anak Adam (manusia) pada satu tahun ini karena mereka mengerjakan amal ini“.
Di mulai dengan membaca Surat Al Fatihah 1 kali kemudian membaca do’a akhir tahun dan diakhiri lagi dengan membaca Surat Al Fatihah 1 kali.

*( Amalan Awal Malam Bulan Muharram )*

▪ Membaca do'a awal tahun sebanyak 3x.

*DO'A AWAL TAHUN HIJRIYAH*

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم
اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَبَدِيُّ القَدِيْمُ اْلأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ اْلعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ اْلُمعَوَّلِ. وَ هَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ أَسْأَلُكَ اْلعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَاْلعَوْنَ عَلَى هَذَا النَّفْسِ اْلأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَ اْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِي إِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَااْلجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ .

#kaifiyah:
Pada malam harinya sejak permulaan terbenamnya matahari (timbul merah Jingga) atau setelah Maghrib, itulah tanda tanggal 1 Muharam telah tiba. Kita perlu mengucapkan selamat datang dengan membaca do’a Awal Tahun Hijriyyah.
Fadhilahnya adalah, barangsiapa membaca do’a ini, maka setan-setan akan berkata demikian: “Alangkah bahagianya orang itu, dia akan dilindungi dari godaan-godaanku pada sisa umurnya, karena Allah mengutus dua malaikat untuk menjaganya dari godaan-godaanku“.
Caranya di mulai dengan membaca Suratul Fatihah 1 kali kemudian membaca do’a awal tahun dan diakhiri lagi dengan membaca Surat Al Fatihah 1 kali.

▪Setelah membaca do'a awal tahun kemudian shalat 10 raka'at 5x salam, tiap raka'at setelah Fatihah membaca Al-Ikhlas 10x.
-Niatnya: "Aku niat shalat malam satu Muharram dua raka'at sunnah karena Allah Ta'ala.
▪Membaca Ayat Kursi 360x
Berkata As-Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan:
"Telah menyebutkan sebagian ulama, Sesungguhnya di hari pertama dari bulan Muharram dibaca Ayat Kursi 360x beserta basmalah setiap kalinya, dan di dalamnya terdapat faidah-faidah yang tak terhingga".
Kemudian setelah selesai seluruhnya membaca do'a berikut:

اللهم يامحول الأحوال، حول حالى الى احسن حال، بحولك وقوتك ياعزيز يامتعال، وصلى اللّٰه تعالى على سيدنا محمد، وعلى اله وصحبه وسلم .

Berkata sebagian ulama yang lain:

"Barangsiapa membaca Ayat Kursi 360x beserta basmalah di hari pertama bulan Muharram dan membaca do'a diatas, maka dia akan terjaga dari hal-hal yang tidak disenangi selama setahun.

▪Menulis Basmalah 113x
"Barangsiapa menulis  بسم اللّٰه الرحمن الرحيم  awal bulan Muharram 113x, maka hal-hal yang dibenci tidak akan mengena kepada pembawa tulisan tersebut maupun keluarganya."

▪Menulis lafadz Ar Rahman (الرحمن) sebanyak 50x.
"Barangsiapa menulis lafadz الرحمن awal bulan Muharram sebanyak 50x kemudian dia masuk ke pemimpin yang zolim atau hakim yang dzolim, maka dia aman dari kejahatan mereka."

▪Menulis ayat-ayat AlQur-an dibawah ini:
أَفَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَى أَن يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا بَيَاتاً وَهُمْ نَآئِمُونَ
“Maka apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di malam hari di waktu mereka sedang tidur?” (Qs. Al-A’raf: 97)

أَوَ أَمِنَ أَهْلُ الْقُرَى أَن يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا ضُحًى وَهُمْ يَلْعَبُونَ
“Atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di waktu matahari sepenggalahan naik ketika mereka sedang bermain?” (Qs. Al-A’raf: 98)

أَفَأَمِنُواْ مَكْرَ اللّهِ فَلاَ يَأْمَنُ مَكْرَ اللّهِ إِلاَّ الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ
“Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (Qs. Al-A’raf: 99)

Khasiat menulis ayat Qur-an diatas rumahnya akan aman dari binatang-binatang yang mengganggu (sepeti: tikus, kalajengking dll).
Ayat diatas ditulis pada awal hari bulan Muharram (malam atau siang) pada kertas, kemudian di basuh dengan air kemudian air tersebut dipercik percikkan ke dalam rumah.

*( Puasa di Hari Pertama dan Hari-hari Berikutnya di Bulan Muharram )*
▪Puasa hari pertama bulan Muharram

*Menyebutkan Al-Hafidz Ibnu Hajar, sesungguhnya telah diriwayatkan dari Sayyidatina Hafshah ra. dari Nabi SAW beliau bersabda:
"Baragsiapa berpuasa di hari akhir bulan Dzulhijjah dan awal hari bulan Muharram, maka Allah SWT akan menjadikannya sebagai pelebur dosa 50 tahun. Dan puasa sehari di bulan Muharram sama dengan 30 hari diselainnya."

▪Puasa Hari Kamis, Jum'at, dan Sabtu

*Berkata Imam Ghazali di dalam kitab Ihya Ulumuddin, dari Nabi SAW beliau bersabda:
"Baranggsiapa berpuasa 3 hari dari bulan-bulan mulia (yaitu Muharram, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab); pada hari Kamis, Jum'at, dan Sabtu (berturut-turut), maka Allah SWT akan menulis baginya ibadah 700 tahun."

Semoga bermanfaat.
والله اعلم بالصواب .

Sumber Kitab :
١ .  احياء علوم الدين
٢ .  كنز النجاح والسرور
٣ .  خزينة الأسرار
٤ .  الغنية
٥ .  درة الناصحين
٦ . مجموعة الشريف

Semoga kita semua di berikan kemampuan melaksanakan amalan-amalan sunnah tersebut di atas Aamiin...

No comments: