KUPAS TUNTAS MENGENAI SHALAT TARAWIH (3)--Jangan tersalah beramal
Solat witir nabi 13 rakaat samada didalam bulan ramodan dan begitu juga diluar ramadon 13 rakaat
Perhal Hadits:
مَا كَانَ يَزِيْدُ فِيْ رَمَضَانَ وَلَا فِيْ غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak melebihkan di bulan Ramadhan dan bulan lainnya atas 11 rakaat”
Hadits diatas diriwayatkan oleh:
Imam Bukhari dalam kitab shahihnya juz 5 halaman 145, hadits nomor 2013
Imam Muslim dalam Kitab Shahihnya juz 4 halaman 89, hadts nomor 201
Imam Ahmad dan Kitab Musnadnya juz 40 halaman 503, hadits nomor 24446
Dll.
Berikut sanad dan matan shahih Bukhari
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ قَالَ حَدَّثَنِيْ مَالِكٌ عَنْ سَعِيْدٍ اَلْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْ رَمَضَانَ فَقَالَتْ مَا كَانَ يَزِيْدُ فِيْ رَمَضَانَ وَلَا فِيْ غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّيْ أَرْبَعًا فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّيْ أَرْبَعًا فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّيْ ثَلَاثًا فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوْتِرَ قَالَ يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلَا يَنَامُ قَلْبِيْ
“…(diriwayatkan) dari Abu Salamah Ibn Abdurrahman bahwa ia bertanya kepada ‘Aisyah bagaimana shalat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam di bulan Ramadlan. Aisyah menjawab:” Beliau tidak melebihkan di bulan Ramadhan dan bulan lainnya atas 11 rakaat”
Beliau shalat 4 raka’at; dan jangan ditanyakan tentang baik dan panjangnya shalat yang beliau lakukan. Kemudian shalat lagi 4 raka’at; (demikian pula) jangan ditanyakan tentang baik dan panjangnya shalat yang beliau lakukan. Lalu beliau shalat 3 raka’at. Kemudian saya bertanya: Wahai Rasulullah apakah anda tidur sebelum shalat witir? Beliau menjawab: Wahai Aisyah, dua mataku memang tidur, tetapi hatiku tidak tidur.”
Imam Nawawi menjelaskan dalam Kitab Syarh Muslim juz 3 halaman 70:
بَابُ صَلَاة اللَّيْل وَعَدَدِ رَكَعَات النَّبِيّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي اللَّيْل وَأَنَّ الْوِتْرَ رَكْعَةٌ وَأَنَّ الرَّكْعَةَ صَلَاةٌ صَحِيْحَةٌ
Bab:
- Shalat Malam
- Hitungan rakaat yang dilakukan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam pada malam hari
- (mininal) Shalat witir adalah satu rakaat
- Shalat satu rakaat adalah sah
قَالَ الْقَاضِيْ عِيَاضٌ فِيْ حَدِيْث عَائِشَةَ مِنْ رِوَايَةِ سَعْد بْن هِشَام : ( قِيَامِ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِتِسْعِ رَكَعَاتٍ )
Qadhi Iyadh berkata mengenai hadits Aisyah riwayat dari Sa’d bn Hisyam:
“Nabi melakukan qiyam (shalat malam) 9 rakaat”
وَحَدِيْثِ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ : ( بِإِحْدَى عَشْرَةَ مِنْهُنَّ الْوِتْرُ ، يُسَلِّمُ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ ، وَكَانَ يَرْكَعُ رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ إِذَا جَاءَهُ الْمُؤَذِّنُ )
Dan hadits Urwah dari Aisyah:
(Nabi melakukan qiyam) “dengan 11 rakaat, diantaranya ialah witir. Beliau salam setiap 2 rakaat. Beliau melakukan shalat sunnah fajar dua rakaat ketika mu`adzdzin mendatangi beliau”
وَمِنْ رِوَايَة هِشَام بْنِ عُرْوَةَ وَغَيْرِهِ عَنْ عُرْوَةَ عَنْهَا : ( ثَلَاثَ عَشْرَةَ بِرَكْعَتَيْ الْفَجْرِ ) ،
Riwayat Hisyam bin Urwah dan lainnya dari Urwah, (Urwah) dari Aisyah:
(Beliau shalat malam) 13 rakaat (termasuk) dua rakaat fajar.
وَعَنْهَا ( كَانَ لَا يَزِيْدُ فِيْ رَمَضَانَ وَلَا غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَة رَكْعَةً أَرْبَعًا أَرْبَعًا وَثَلَاثًا ) ،
Dari Aisyah:
Adalah Nabi tidak menambahi didalam bulan Ramadhan dan bulan lainnya atas 11 rakaat. Empat, empat, tiga.
وَعَنْهَا : ( كَانَ يُصَلِّيْ ثَلَاثَ عَشْرَةَ ، ثَمَانِيًا ثُمَّ يُوتِرُ ثُمَّ يُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ ، ثُمَّ يُصَلِّيْ رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ ) . وَقَدْ فَسَّرْتهَا فِي الْحَدِيْثِ الْآخَرِ مِنْهَا رَكْعَتَا الْفَجْرِ ،
Dari Aisyah:
Adalah Nabi melakukan shalat malam 13 rakaat. Beliau melakukan shalat 8 rakaat, kemudian beliau melakukan shalat witir dengan posisi duduk. Kemudian beliau melakukan shalat sunnah fajar.
Aisyah menjelaskannya didalam hadits yang lain, bahwa diantara 13 rakaat termasuk shalat sunnah fajar 2 rakaat.
وَعَنْهَا فِي الْبُخَارِيِّ : أَنَّ صَلَاتَهُ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِاللَّيْلِ سَبْعٌ وَتِسْعٌ .
Dari Aisyah dalam riwayat Bukhari bahwasanya shalat Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam pada malam hari adalah 7 rakaat, dan 9 rakaat.
وَذَكَرَ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ بَعْد هَذَا مِنْ حَدِيْثِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ صَلَاتَهُ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ اللَّيْل ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْد الْفَجْر : سُنَّةَ الصُّبْحِ ،
Bukhari dan Muslim menuturkan setelah ini dari haditsnya Ibn Abbas bahwasanya shalat Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam pada malam hari adalah 13 rakaat, dan 2 rakaat setelah fajar yaitu shalat sunnah subuh.
وَفِيْ حَدِيْث زَيْدِ بْنِ خَالِد أَنَّهُ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ثُمَّ طَوِيْلَتَيْنِ وَذَكَرَ الْحَدِيْثَ ، وَقَالَ فِيْ آخِرهِ : فَتِلْكَ ثَلَاثَ عَشْرَةَ .
Dalam haditsnya Zaid bin Khalid bahwasanya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam melakukan shalat ringan 2 rakaat, kemudian 2 rakaat panjang, kemudian 2 rakaat panjang, dia (Zaid bin Khalid) selanjutnya menuturkan kelanjutan haditsnya. Dan dia pada akhirnya berkata: “Itulah 13 rakaat”
قَالَ الْقَاضِيْ : قَالَ الْعُلَمَاءُ فِيْ هَذِهِ الْأَحَادِيْثِ إِخْبَارُ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْ اِبْن عَبَّاس وَزَيْدٍ وَعَائِشَةَ بِمَا شَاهَدَهُ . وَأَمَّا الْاِخْتِلَافُ فِيْ حَدِيْثِ عَائِشَةَ فَقِيْلَ : هُوَ مِنْهَا ، وَقِيْلَ : مِنَ الرُّوَاةِ عَنْهَا ، فَيَحْتَمِلُ أَنَّ إِخْبَارَهَا بِأَحَد عَشْرَةَ هُوَ الْأَغْلَبُ
Al Qadhi Iyadh berkata: Ulama berkata bahwa hadits-hadts ini adalah pengkhabaran masing-masing Ibn Abbas, Zaid dan Aisyah dengan apa yang mereka lihat. Adapun perbedaan dalam hadits Aisyah, ada yang mengatakan itu dari Aisyah sendri ada yang mengatakan rawi dari Aisyah. Dimungkinkan pengkahabaran Asyah dengan 11 rakaat adalah yang lebih sering dilakukan.
Berikut periwayatannya:
Hadist Aisyah:
Aisyah dalam riwayat Shahih Muslim juz 4 halaman 90, hadits nomor 1220:
وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ عَدِيٍّ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ عَنْ صَلَاةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ كَانَ يُصَلِّيْ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّيْ ثَمَانَ رَكَعَاتٍ ثُمَّ يُوْتِرُ ثُمَّ يُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ قَامَ فَرَكَعَ ثُمَّ يُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ بَيْنَ النِّدَاءِ وَالْإِقَامَةِ مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ
Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Adi telah menceritakan kepada kami Hisyam, dari Yahya dari Abu Salamah katanya; Aku pernah bertanya kepada 'Aisyah tentang shalatnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Aisyah menjawab; Beliau melakukan shalat tiga belas rakaat, beliau shalat delapan rakaat kemudian witir, setelah itu beliau shalat dua rakaat dengan duduk. Jika beliau hendak ruku', maka beliau berdiri dahulu lalu ruku', setelah itu beliau shalat dua rakaat antara (adzan) dan iqamat shalat subuh.
Hadits Ibn Abbas:
Dalam Kitab Shahih Bukhari juz 2 halaman 109, hadits nomor 698:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَمْرٌو عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيْدٍ عَنْ مَخْرَمَةَ بْنِ سُلَيْمَانَ عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ نِمْتُ عِنْدَ مَيْمُوْنَةَ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَهَا تِلْكَ اللَّيْلَةَ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ قَامَ يُصَلِّيْ فَقُمْتُ عَلَى يَسَارِهِ فَأَخَذَنِيْ فَجَعَلَنِيْ عَنْ يَمِيْنِهِ فَصَلَّى ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً ثُمَّ نَامَ حَتَّى نَفَخَ وَكَانَ إِذَا نَامَ نَفَخَ ثُمَّ أَتَاهُ الْمُؤَذِّنُ فَخَرَجَ فَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ قَالَ عَمْرٌو فَحَدَّثْتُ بِهِ بُكَيْرًا فَقَالَ حَدَّثَنِيْ كُرَيْبٌ بِذَلِكَ
Telah menceritakan kepada kami Ahmad berkata, telah menceritakan kepadaku Ibnu Wahb berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Amru dari ‘Abdu Rabbih bin Sa’id dari Makhramah bin Sulaiman dari Kuraib mantan budak Ibnu ‘Abbas, dari Ibnu ‘Abbas ia berkata, “Suatu malam aku pernah tidur di sisi Maimunah, sementara Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam tidur di sebelahnya pada malam itu. Rasulullah kemudian berwudlu lalu berdiri menunaikan shalat. Maka aku datang dan berdiri shalat di samping kiri beliau. Namun beliau memegangku dan menggeserku ke sebelah kanannya. Setelah itu beliau shalat tiga belas rakaat, kemudian tidur hingga terdengar nafasnya. Dan memang beliau apabila tidur (terdengar suara) nafas beliau. Kemudian seorang mu’adzin datang kepada beliau, maka beliau pun keluar untuk menunaikan shalat (Shubuh) tanpa berwudlu lagi.” ‘Amru berkata, “Aku ceritakan riwayat ini kepada Bukair, lalu ia berkata, “Kuraib juga telah menceritakan kepadaku seperti itu.”
Hadits Zaid bin Khalid:
Dalam Shahih Muslim juz 4 halaman 163, hadist nomor 1284:
وَحَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ بَكْرٍ عَنْ أَبِيْهِ أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ قَيْسِ بْنِ مَخْرَمَةَ أَخْبَرَهُ عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الْجُهَنِيِّ أَنَّهُ قَالَ
لَأَرْمُقَنَّ صَلَاةَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّيْلَةَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ أَوْتَرَ فَذَلِكَ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً
“......dari Zaid bn Khalid al Juhani, bahwasanya dia berkata:
Sungguh saya mencermati shalat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pada suatu malam. Beliau shalat 2 rakaat ringan, kemudian shalat 2 rakaat yang panjang, dua rakaat yang panjang, dua rakaat yang panjang.
Lalu beliau shalat 2 rakaat yang lebih pendek dari dua rakaat sebelumnya, lalu shalat 2 rakaat yang lebih pendek dari dua rakaat sebelumnya, lalu shalat 2 rakaat yang lebih pendek dari dua rakaat sebelumnya, lalu shalat 2 rakaat yang lebih pendek dari dua rakaat sebelumnya, kemudian melakukan witir. Maka demikian itulah shalat 13 rakaat.
Sementara dalam Kitab Al Muwaththa` juz 1 halaman 12, hadits nomor 266:
وَحَدَّثَنِيْ عَنْ مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ بَكْرٍ عَنْ أَبِيْهِ أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ قَيْسِ بْنِ مَخْرَمَةَ أَخْبَرَهُ عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ اَلْجُهَنِيِّ :أَنَّهُ قَالَ
لَأَرْمُقَنَّ اللَّيْلَةَ صَلَاةَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَتَوَسَّدْتُ عَتَبَتَهُ أَوْ فُسْطَاطَهُ فَقَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ طَوِيلَتَيْنِ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُوْنَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ثُمَّ أَوْتَرَ فَتِلْكَ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً
...dari Zaid bin Khalid al-Juhaniy ia berkata: “Sungguh aku akan mencermati shalat malam Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Akupun bersandar ke tangga atau kemahnya, lalu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam melakukan shalat dua rakaat yang panjang, yang panjang, yang panjang. Kemudian belau melakukan shalat dua rakaat lebih pendek dari yang pertama, kemudian shalat dua rakaat lebih pendek dari sebelumnya, kemudian beliau melakukan shalat dua rakaat lebih pendek dari sebelumnya, kemudian shalat dua rakaat lebih pendek dari sebelumnya, kemudian shalat witir, yang keseluruhannya 13 rakaat.
Ada yang berpendapat bahwa Hadits diatas dimuhtamilkan shalat witir
Syeikhul Islam Zakariya Al-Anshari dalam kitab Al-Ghurar Al-Bahiyyah Fii Syarhil Bahjah Al-Wardiyyah 4/146 menerangkan:
وَأَمَّا خَبَرُ { مَا كَانَ يَزِيْدُ فِيْ رَمَضَانَ وَلَا غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً } فَمَحْمُوْلٌ عَلَى الْوِتْرِ
Adapun hadits “Baik di bulan Ramadlan ataupun bukan bulan Ramadlan Rasulullah shallaahu ‘alaihi wasallam melakukan shalat malam tidak lebih dari sebelas raka’at”
adalah dimuhtamilkan untuk shalat witir
Keterangan diatas juga ditulis oleh Imam Romli dalam Kitab Ghaayatul Bayaan Syarh Zubad Libni Ruslaan halaman 79.
Petunjuk arah ke shalat witir:
Hadits Shahih Muslim juz 4 halaman 104, hadits 1233:
قَالَ قُلْتُ يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِيْنَ أَنْبِئِيْنِيِ عَنْ وِتْرِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ كُنَّا نُعِدُّ لَهُ سِوَاكَهُ وَطَهُوْرَهُ فَيَبْعَثُهُ اللهُ مَا شَاءَ أَنْ يَبْعَثَهُ مِنَ اللَّيْلِ فَيَتَسَوَّكُ وَيَتَوَضَّأُ وَيُصَلِّيْ تِسْعَ رَكَعَاتٍ لَا يَجْلِسُ فِيْهَا إِلَّا فِي الثَّامِنَةِ فَيَذْكُرُ اللهَ وَيَحْمَدُهُ وَيَدْعُوْهُ ثُمَّ يَنْهَضُ وَلَا يُسَلِّمُ ثُمَّ يَقُوْمُ فَيُصَلِّيْ التَّاسِعَةَ ثُمَّ يَقْعُدُ فَيَذْكُرُ اللهَ وَيَحْمَدُهُ وَيَدْعُوْهُ ثُمَّ يُسَلِّمُ تَسْلِيْمًا يُسْمِعُنَا ثُمَّ يُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ مَا يُسَلِّمُ وَهُوَ قَاعِدٌ وَتِلْكَ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً
........Sa'ad berkata ; Wahai Ummul mukminin, beritahukanlah kepadaku tentang witir Rasulullah ! Jawabnya; Kami dulu sering mempersiapkan siwaknya & bersucinya, setelah itu Allah membangunkannya sekehendaknya untuk bangun malam. Beliau lalu bersiwak & berwudhu` & shalat sembilan rakaat. Beliau tak duduk dalam kesembilan rakaat itu selain pada rakaat kedelapan, beliau menyebut nama Allah, memuji-Nya & berdoa kepada-Nya, kemudian beliau bangkit & tak mengucapkan salam. Setelah itu beliau berdiri & shalat untuk rakaat ke sembilannya. Kemudian beliau berdzikir kepada Allah, memuji-Nya & berdoa kepada-Nya, lalu beliau mengucapkan salam dgn nyaring agar kami mendengarnya. Setelah itu beliau shalat dua rakaat setelah salam sambil duduk, itulah sebelas rakaat.
Dalam shahih Muslim juz 3 halaman 86 hadits nomor 792:
حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّيْ صَلَاتَهُ مِنَ اللَّيْلِ كُلَّهَا وَأَنَا مُعْتَرِضَةٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يُوْتِرَ أَيْقَظَنِيْ فَأَوْتَرْتُ
...dari Aisyah, ia berkata:
Nabi Shallallahu alaihi wassalam pernah mengerjakan shalat di waktu malam sedang saya tidur melintang diantara beliau dan qiblat. Setelah beliau hendak mengerjakan witir, saya dibangunkannya dan saya turut mengerjakan witir.
Wallaahu A’lam
Semoga bermanfaat
bersambung, Insya Allah
No comments:
Post a Comment