KAJIAN PERAYAAN BULAN SYA’BAN
WAHABI Vs WAHABI
Nishfu Sya’ban sebagai hari istimewa. Malam harinya dipergunakan untuk
menghidupkan malam dengan ibadah pengabdian kepada Allah dan
perkhidmatan kepada sesama manusia. Siang harinya diisi dengan berpuasa.
kelompok-kelompok (wahabi) yang mengatakan bahwa semua ibadat dalam
hubungannya dengan Nishfu Sya’ban adalah bid’ah. Yang lebih ekstrem (dan
sekaligus jahil) menyebutnya musyrik. Tidak jelas mengapa ibadah-ibadah
itu dipandang musyrik. Tentu saja kalau ibadat itu sudah dipandang
bid’ah atau syirk, pelakunya dicemoohkan karena melakukan perbuatan
sia-sia atau dilarang karena dituduh merusak agama. “Setiap bid’ah sesat
dan setiap kesesatan masuk neraka,” sering disebut sebagai hadis untuk
menjatuhkan kehormatan kaum Muslim yang melakukan ibadat Nishfu Sya’ban.
Mari kita simak fatwa-fatwa wahabi salafiy
* Ibnu Taimiyah
(661-728 H / 1263-1328 M. Ideolog Utama aliran Wahabi)
وَمِنْ هَذَا الْبَابِ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقَدْ رُوِىَ
فِي فَضْلِهَا مِنَ اْلأَحَادِيْثِ الْمَرْفُوْعَةِ وَاْلآثَارِ مَا
يَقْتَضِي أَنَّهَا لَيْلَةٌ مُفَضَّلَةٌ وَأَنَّ مِنَ السَّلَفِ مَنْ
كَانَ يَخُصُّهَا بِالصَّلاَةِ فِيْهَا وَصَوْمُ شَهْرِ شَعْبَانَ قَدْ
جَاءَتْ فِيْهِ أَحَادِيْثُ صَحِيْحَةٌ وَمِنَ الْعُلَمَاءِ مِنَ السَّلَفِ
مِنْ أَهْلِ الْمَدِيْنَةِ وَغَيْرِهِمْ مِنَ الْخَلَفِ مَنْ أَنْكَرَ
فَضْلَهَا وَطَعَنَ فِي اْلأَحَادِيْثِ الْوَارِدَةِ فِيْهَا كَحَدِيْثِ
إِنَّ اللهَ يَغْفِرُ فِيْهَا ِلأَكْثَرَ مِنْ عَدَدِ شَعْرِ غَنَمِ بَنِي
كَلْبٍ وَقَالَ لاَ فَرْقَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ غَيْرِهَا لَكِنِ الَّذِي
عَلَيْهِ كَثِيْرٌ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ أَوْ أَكْثَرُهُمْ مِنْ
أَصْحَابِنَا وَغَيْرِهِمْ عَلَى تَفْضِيْلِهَا وَعَلَيْهِ يَدُلُّ نَصُّ
أَحْمَدَ لِتَعَدُّدِ اْلأَحَادِيْثِ الْوَارِدَةِ فِيْهَا وَمَا يُصَدِّقُ
ذَلِكَ مِنَ اْلآثَارِ السَّلَفِيَّةِ وَقَدْ رُوِِىَ بَعْضُ فَضَائِلِهَا
فِي الْمَسَانِيْدِ وَالسُّنَنِ وَإِنْ كَانَ قَدْ وُضِعَ فِيْهَا
أَشْيَاءٌ أُخَرُ (اقتضاء الصراط
302)
“Keutamaan malam
Nishfu Sya’ban diriwayatkan dari hadis-hadis marfu’ dan atsar (amaliyah
sahabat dan tabi’in), yang menunjukkan bahwa malam tersebut memang
utama. Dan sebagian ulama Salaf ada yang secara khusus melakukan salat
sunah (mutlak) di malam tersebut … Kebanyakan ulama atau kebanyakan
ulama dari kalangan kami mengatakan keutamaan malam Nishfu Sya’ban. Ini
sesuai dengan penjelasan Imam Ahmad karena banyaknya hadis yang
menjelaskan tentang malam Nishfu Sya’ban dan yang mendukungnya dari
riwayat ulama Salaf. Sebab riwayat Malam Nishfu Sya’ban terdapat dalam
kitab-kitab Musnad dan Sunan, meskipun di dalamnya juga ada sebagian
hadis-hadis palsu”
وَسُئِلَ عَنْ صَلاَةِ نِصْفِ شَعْبَانَ ؟
(الْجَوَابُ) فَأَجَابَ: إذَا صَلَّى اْلإِنْسَانُ لَيْلَةَ النِّصْفِ
وَحْدَهُ أَوْ فِيْ جَمَاعَةٍ خَاصَّةٍ كَمَا كَانَ يَفْعَلُ طَوَائِفُ
مِنْ السَّلَفِ فَهُوَ أَحْسَنُ. وَأَمَّا اْلاِجْتِمَاعُ فِي الْمَسَاجِدِ
عَلَى صَلاَةٍ مُقَدَّرَةٍ كَاْلاِجْتِمَاعِ عَلَى مِائَةِ رَكْعَةٍ
بِقِرَاءَةِ أَلْفٍ: {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ} دَائِمًا. فَهَذَا بِدْعَةٌ
لَمْ يَسْتَحِبَّهَا أَحَدٌ مِنَ اْلأَئِمَّةِ. وَاللهُ أَعْلَمُ (مجموع
فتاوى ابن تيمية ج 2 ص
469)
“Ibnu Taimiyah ditanya soal
shalat pada malam nishfu Sya’ban. Ia menjawab: Apabila seseorang shalat
sunah muthlak pada malam nishfu Sya’ban sendirian atau berjamaah,
sebagaimana dilakukan oleh segolongan ulama salaf, maka hukumnya adalah
baik. Adapun kumpul-kumpul di masjid dengan shalat yang ditentukan,
seperti salat seratus raka’at dengan membaca surat al Ikhlash sebanyak
seribu kali, maka ini adalah perbuata bid’ah yang sama sekali tidak
dianjurkan oleh para ulama”. (Majmú’ Fatáwá Ibnu Taymiyyah, II/469)
_______________________________________
* Nashiruddin al-Albani
عَنْ مُعَاذِ بن جَبَلٍ عَن ِالنَّبِيِّ قَالَ يَطَّلِعُ اللهُ عَزَّ
وَجَلَّ عَلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ
لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ
(رواه الطبراني
في الكبير والأوسط قال الهيثمى ورجالهما ثقات. ورواه الدارقطنى وابنا ماجه
وحبان فى صحيحه عن ابى موسى وابن ابى شيبة وعبد الرزاق عن كثير بن مرة
والبزار(
“Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah
memperhatikan hambanya (dengan penuh rahmat) pada malam Nishfu Sya’ban,
kemudian Ia akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan
musyahin (orang munafik yang menebar kebencian antar sesama umat
Islam)”. (HR Thabrani fi Al Kabir no 16639, Daruquthni fi Al Nuzul 68,
Ibnu Majah no 1380, Ibnu Hibban no 5757, Ibnu Abi Syaibah no 150, Al
Baihaqi fi Syu’ab al Iman no 6352, dan Al Bazzar fi Al Musnad 2389.
Peneliti hadis Al Haitsami menilai para perawi hadis ini sebagai
orang-orang yang terpercaya. Majma’ Al Zawaid 3/395)
Ulama
Wahabi, Nashiruddin al-Albani yang biasanya menilai lemah (dlaif) atau
palsu (maudlu’) terhadap amaliyah yang tak sesuai dengan ajaran mereka,
kali ini ia tak mampu menilai dlaif hadis tentang Nishfu Sya’ban, bahkan
ia berkata tentang riwayat diatas: “Hadis ini sahih” (Baca as-Silsilat
ash-Shahihah 4/86)
1563 – إن الله ليطلع في ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن (صحيح) اهـ السلسلة الصحيحة للالباني (4/ 86)
_____________________________________
* Muhammad bin Shaalih Al-’Utsaimin
في فضل ليلة النصف منه، وقد وردت فيه أخبار قال عنها ابن رجب في اللطائف
بعد ذكر حديث علي السابق: إنه قد اختلف فيها، فضعفها الأكثرون، وصحح ابن
حبان بعضها وخرجها في صحيحه
.
“Berkaitan dengan keutamaan malam
pertengahan bulan Sya’ban, maka telah diriwayatkan padanya khabar-khabar
yang disebutkan oleh Ibnu Rajab dalam kitab beliau “Al-Lathaa’if”
setelah menyebutkan hadits ‘Ali yang telah lewat.
Bahwa
sesungguhnya para Ulama telah berselisih pendapat dalam menghukumi
riwayat-riwayat tersebut. Mayoritas Ulama mendha’ifkannya
(melemahkannya), sementara Ibnu Hibbaan menshahihkan sebagian riwayatnya
dan mengeluarkannya dalam kitab Shahih beliau.
ومن أمثلتها
حديث عائشة رضي الله عنها وفيه: أن الله تعالى ينزل ليلة النصف من شعبان
إلى سماء الدنيا، فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب، خرجه الإمام أحمد
والترمذي وابن ماجه، وذكر الترمذي أن البخاري ضعفه، ثم ذكر ابن رجب أحاديث
بهذا المعنى وقال: وفي الباب أحاديث أخر فيها ضعف. اهـ وذكر الشوكاني أن
في حديث عائشة المذكور ضعفاً وانقطاعاً.
Di antara
riwayat-riwayat tersebut ialah hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Bahwa
Allah ta’aala turun ke langit dunia pada malam pertengahan di bulan
Sya’ban. Maka Allah mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang jumlahnya lebih
banyak dari bulu kambing bani Kalb.” Hadits ini diriwayatkan oleh
Al-Imam Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Maajah. Namun At-Tirmidzi
menegaskan bahwa Al-Imam Al-Bukhari mendha’ifkan riwayat ini.
Kemudian Ibnu Rajab menyebutkan hadits-hadits lain yang semakna
dengannya, dan beliau berkata, “Dalam bab ini terdapat hadits-hadits
lain yang padanya ada kelemahan.” Demikian pula Al-Imam As-Syaukaani
menegaskan, “Bahwa dalam hadits ‘Aisyah ini terdapat kelemahan dan
keterputusan sanad.”
وذكر الشيخ عبد العزيز بن باز حفظه الله
تعالى أنه ورد في فضلها أحاديث ضعيفة لا يجوز الاعتماد عليها، وقد حاول بعض
المتأخرين أن يصححها لكثرة طرقها ولم يحصل على طائل، فإن الأحاديث الضعيفة
إذا قدر أن ينجبر بعضها ببعض فإن أعلى مراتبها أن تصل إلى درجة الحسن
لغيره، ولا يمكن أن تصل إلى درجة الصحيح كما هو معلوم من قواعد مصطلح
الحديث
.
Syaikh ‘Abdul ‘Aziiz bin Baaz rahimahullah menerangkan,
“Adapun keutamaan malam pertengahan bulan Sya’ban telah diriwayatkan
padanya hadits-hadits yang dha’if (lemah), dan tidak boleh berpegang
dengannya. Namun ada sebagian Ulama dari kalangan muta’akkhirin
menshahihkan riwayat-riwayat tersebut dengan alasan banyaknya sanad atau
jalur periwayatannya. Kendati demikian alasan tersebut tidak memberikan
faidah, karena sesungguhnya hadits-hadits yang berkualitas dha’if jika
saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya maka paling banter
derajatnya adalah “Hasan Lighairih”, dan tidak mungkin sampai kepada
derajat “Shahih”, sebagaimana hal ini telah kita ketahui dalam
qa’idah-qa’idah ilmu musthalah hadits.”
(kitab Majmuu’ Fataawa wa Rasaa’il ‘Utsaimin 20/25-33)
_____________________________________
* Abdul Aziz Bin Abdullah Bin Bazz
أن الاحتفال بليلة النصف من شعبان بالصلاة أو غيرها وتخصيص يومها بالصيام
بدعة منكرة عند أكثر أهل العلم ، وليس له أصل في الشرع المطهر ، بل هو مما
حدث في الإسلام بعد عصر الصحابة رضي الله عنهم
peringatan
malam nisfu sya' ban dengan pengkhususan sholat atau lainnya, dan
pengkhususan siang harinya degan puasa itu semua adalah bid’ah dan
mungkar tidak ada dasar sandarannya didalam syari'at Islam ini, bahkan
hanya merupakan perkara yang diada-adakan dalam Islam setelah masa
hidupnya para shahabat.
(Tahdzir minul bida' karya Abdul Aziz Bin Abdullah Bin Bazz)
____________________________________________________
* Shalih al-Fawzan
Dalam bukunya Al-Bid’ah: Ta’rifuha, Anwa’uha, Ahkamuha (Riyadh: Dar
al-‘Ashimah, 1412), menulis, “Termasuk bid’ah (yang sesat) ialah
menentukan malam Nishfu Sya’ban untuk salat malam, dan hari Nishfu
Sya’ban untuk berpuasa, karena tidak ada keterangan dari Nabi saw yang
menetapkan ibadah khusus untuk itu” (hal. 32). Jadi dalam kitab tentang
Bid’ah, ia menegaskan bahwa ibadat Nishfu Sya’ban itu bid’ah. Dalam
kitabnya yang lain, Al-Tawhid, ia mengulangi lagi pernyataannya dengan
kalimat lain, “(Termasuk macam-macam bid’ah) ialah menentukan waktu yang
khusus untuk ibadat yang disyariatkan padahal pengkhususan itu tidak
ditetapkan syari’at, seperti mengkhususkan hari Nishfu Sya’ban untuk
berpuasa dan malamnya untuk salat malam. Puasa dan salat malamnya
disyariatkan, tetapi menentukan waktunya memerlukan dalil.”
____________________________________________-
Lihat bagaimana Ibnu Taimiyah panutan/rujukan wahabi memuji siapa
yang menghidupkan amalan khusus pada malam Nishfu Sya’ban yaitu dengan
menunaikan sholat sunnah pada waktu itu baik secara perseorangan mau pun
secara ber- jama’ah, Ibnu Taimiyah menyifatkan amalan khusus itu
sebagai Hasan/ Baik
Sedangkan golongan pengaku Penegak sunnah yang
(Abdul Aziz Bin Abdullah Bin Bazz ,Muhammad bin Shaalih Al-’Utsaimin ,
Nashiruddin al-Albani ,Shalih al-Fawzan dll ) yg mengaku sebagai penerus
akidah Ibnu Taimiyyah ini telah meng haramkan dan membid’ahkan mungkar
amalan dalam bulan dan nishfu Sya’ban ini? Mereka hanya menyebutkan
kata-kata Ibnu Taimiyyah yang sepaham dengan mereka tetapi kata-kata
Ibnu Taimiyyah yang tidak sepaham, mereka kesampingkan! Apakah mereka
ini juga berani membid’ahkan mungkar Ibnu Taimiyyah? Apakah mereka ini
akan merubah atau mengarti kan kata-kata Ibnu Taimiyah yang sudah jelas
tersebut –sebagaimana kebiasaan mereka– sampai sesuai dengan paham
mereka?
Lihatlah juga kerancaun fatwa-fatwa wahabi salafiy antara
sesame wahabi saling semprot bahkan sampek tahap penyesatan /
pentakfiran.
seperti itukah golongan yang mengaku n punya slogan ‘kembali kepada Al Qur’an dan Sunnah ‘
Bohoooooooooooooong Besaaaaaaaaaaar ……….!!!!
No comments:
Post a Comment